Mengenal Ketoprak Khas Betawi Makanan Murah Meriah di Jakarta

Ketoprak khas Betawi bukanlah makanan asing lagi bagi masyarakat Betawi juga masyarakat Indonesia. Ketoprak merupakan salah satu makanan khas betawi yang sangat mudah ditemukan dijual oleh pedagang keliling. Kuliner satu ini memang lebih banyak dijajakan oleh pedagang keliling, sehingga untuk membelinya orang-orang hanya perlu menunggu pedagangnya lewat di depan rumah.

Ketoprak merupakan makanan wajib dicoba ketika mampir di Jakarta. Selain, lezat makanan ini juga sehat dan murah meriah. Namun, bagi para pelancong yang ingin mencoba kuliner khas Betawi satu ini mungkin lebih baik mencoba makan di rumah makan. Karena belum benar-benar mengenal wilayah Jakarta untuk menemukan penjual ketoprak keliling.

Ketoprak khas Betawi menggunakan bumbu kacang sehingga sekilas mirip dengan pecel dari Jawa Tengah. Bedanya, ketoprak tidak menggunakan sayuran seperti bayam, timun, atau kacang. Ketoprak terbuat dari irisan ketupat (bukan lontong) dan touge yang kemudian disiram bumbu kacang. Sebagian pedagang menambahkan bihun, telur, tahu atau tempe, serta taburan bawang merah goreng dan kerupuk.

Asal-Usul Ketoprak Khas Betawi

Anggapan umum menyatakan bahwa ketoprak berasal dari Jakarta atau Betawi. Namun, sebagian orang mengatakan ketoprak berasal dari daerah Cirebon, bahkan ada yang beranggapan asal ketoprak dari Jawa Tengah. Hanya saja, belum ada bukti meyakinkan tentang hal tersebut, maka hingga kini ketoprakdiyakini memang berasal dari Betawi.

Tak hanya asal ketoprak yang menjadi pertanyaan di masyarakat, nama ketoprak sendiri masih tak diketahui jelas dari mana asalnya. Sebagian orang mengatakan bahwa ketoprak berasal dari singkatan ketupat touge yang digeprak, karena dalam pembuatan ketoprak ada beberapa pedagang yang menggeprak ketupan dan tauge di cobek sebelum disajikan dalam piring.

Namun, pendapat lain menyebutkan bahwa ketoprak diambil dari kejadian ditemukannya ketoprak itu sendiri. Ketika seorang pria membuat makanan dengan ketupat, touge, tahu, dan bawang goreng. Kemudian menambahkan saus kacang di atasnya, secara tidak sengaja dia menjatuhkan piringnya sehingga menyebabkan bunyi ketuprak. Karena itulah makanan tersebut diberi nama ketoprak.

Meskipun asal-usul maupun namanya belum jelas karena tidak adanya bukti valid, tapi keberadaan ketoprak khas Betawi sangat jelas. Ketoprak menjadi salah satu kuliner khas yang keberadaannya hingga kini masih mudah ditemukan. Walaupun sederhana, hidangan ini sangat memanjakan lidah dan tentunya sehat juga ringan untuk kantong masyarakat menengah ke bawah.

Ciri Khas Penjual Ketoprak

Selain memiliki rasa yang lezat, ketoprak khas Betawi juga memiliki keunikan lain, loh. Keunikan itu adalah dari pedagangnya, sebab pedagang ketoprak memiliki ciri khas dengan bentuk gerobaknya yang unik. Umumnya, pedagang ketoprak memiliki gerobak serupa untuk berjualan, yakni gerobak berbentuk seperti perahu. Mereka juga biasanya menata perlengkapan di gerobak dengan cara yang sama.

Benda yang selalu ada di gerobak penjual ketoprak adalah panci stainless, kaleng biskuit bekas untuk menyimpan kerupuk, penggorangan di ujung gerobak, bahan-bahan membuat ketoprak di bagian tengah berikut dengan cobek kayu besar untuk membuat sambal kacang atau menggeprak ketupat dan tauge. Namun, beberapa pedagang lebih memilih menghaluskan bumbu kacang di piring saji.

Selain rasanya yang enak dan beda dari pecel, ternyata penjualnya pun memiliki ciri khas, ya. Jika begini, rasanya tidak akan sulit menemukan penjual ketoprak di Jakarta bahkan kalau Anda seorang pelancong sekalipun. Karena pedagang-pedagang ketoprak memiliki cara khusus agar mudah dikenali. Meski dagangannya tradisional, pedagangnya punya strategi jitu untuk berjualan.

Nah, itu dia informasi mengenai ketoprak, makanan bersambal kacang yang lezat, sehat, dan murah meriah. Apabila tengah berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk mencari penjual ketoprak keliling agar bisa merasakan nikmatnya menyantap kuliner khas satu ini. Siapa tahu setelah mencicipi ketoprak khas Betawi, makanan ini akan menjadi salah satu favorit Anda.

Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*